Surat Peringatan

 


selamat pagi,

dinding bertelinga

ada berita apa dari

ribuan mata di atas meja

 

kau amat mengenalku

setiap hari

aku ingin amnesia

terutama lupa cara membaca

 

tapi berikan saja aku segelas kopi

seperti biasa, tanpa gula

untuk melupakan sementara

dorongan gantung diri

 

selamat pagi,

lidah bersayap merpati

yang tengger di punggung babi

kalian bawa senjata apa hari ini?

tajam atau api, aku tak lagi peduli

segala tarung tak kunjung rampung

dan aku akan dihidupkan kembali

setelah mati berkali-kali

 

betapa bahagia

jika aku menjelma

setandan kembang palsu

yang debu di ruang tunggu

tangguh melawan waktu

 

kadang aku rindu rasa pulih

yang telah lama diambil alih

oleh mesin mirip manusia

dan aku hanya mampu

menghidu aroma kimia

dari topeng-topeng sahaja

poles cat tak kunjung kering

di wajah masing-masing

 

selamat pagi,

setiap orang yang ingin menjadi

sesehat sapi

tapi tak mampu memundak

nasib seekor ternak

 

selamat pagi,

keran dan cermin

jangan beri aku kejutan lain

saat hari telah terlalu rutin

 

sampaikan saja suratku kepada

seseorang bernama izrail itu

sebab telah cukup lama

dia tak masuk kerja